Saturday, May 17, 2008

Mengatasi demam panggung yg tak selalu dipanggung

Jika selama ini kamu sering merasa jantung berdebar dan keringat dingin saat berada di depan umum maka menandakan bahwa kamu seorang yang demam panggung. Saat akan bicara di depan orang banyak, kamu akan merasa berdebar-debar, keringat dingin yang biasa disertai mules-mules dan sedikit pening. Atau bahkan kamu sering mendadak gagap saat sudah berada di depan umum.


Bila dibiarkan berlarut-larut maka kondisi ini akan menjadi penghambat bagi kehidupan kamu. Karena biar bagaimana pun kamu pasti akan berhadapan dengan banyak orang. Untuk mengatasinya sebaiknya kamu simak beberapa langkah berikut ini.
Jangan menyerah oleh rasa berdebar, keringat dingin atau mules-mules yang menimpa kamu. Lawan rasa itu semua dengan menyakinkan diri kamu bahwa kamu bisa. Sesungguhnya semua perasaan itu muncul karena kamu tidak percaya diri. Jadi percayalah jika kamu sudah mulai bicara dan tidak mempedulikan semua gangguan tersebut maka kamu akan semakin rileks dan bicara kamu pun akan semakin lancar.
Susunlah dalam pikiran kamu tentang apa saja yang akan kamu sampaikan di depan umum. Jika perlu kamu tulislah point-pointnya pada sehelai kertas agar saat kamu mendadak lupa kamu bisa membaca kertas tersebut. Jangan pernah takut dianggap bodoh karena banyak orang yang berpengalaman bicara di depan umum tetap membekali dirinya dengan kertas kecil yang berisi tentang point-point pembicaraan.
Tidak ada yang sempurna. Mereka akan memaklumi jika anda sedikit grogi. Jadi pada saat kamu mulai grogi, cobalah kamu tarik nafas dalam-dalam, atur nafas kamu dan mulailah berbicara kembali. Untuk mengurangi grogi, kamu bisa melakukan banyak gerakan tangan agar anda terlihat lebih santai. Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan gerakan tangan karena akan terlihat aneh.
Langkah akhir setelah kamu berbicara di depan umum adalah tersenyum. Hal ini dilakukan untuk meluluhkan ketegangan kamu dan mencairkan ketegangan pendengarnya. Jika kamu bisa melewati ketegangan saat bicara di depan umum maka kamu telah berhasil mengatasi demam panggung kamu. Semoga berhasil.



1 comment:

Ayu Ambarsari Hanafiah said...

hhe.. tips yang bagus!
dan syukur alhamdulillah sayah ga demaman panggung orangnya!! :)

berdoa juga jangan lupa!!!