Thursday, April 17, 2008

Be Your Self dengan Positif Habit.

Masih ingatkah kamu saat pertama kali belajar mengendarai motor atau mobil ? Pada awalnya memang begitu sulit, dan belum terbiasa. Kamu mungkin harus terus memikirkan sudah gigi berapa ya motor kamu, sudah dekat lampu merah maka harus rem, melihat lampu spion jika ingin masuk jalur kanan atau kiri. Semua hal diatas masih dilakukan atas perintah otak kita. Tapi seiring berjalan waktu dan tiap hari harus mengendarainya maka dengan sendirinya hal tersebut menjadi sebuah habit(kebiasaan


Ayah kita selalu mengatakan bisa dan biasa adalah dua hal yang berbeda. kamu mengatakan bisa mengendarai motor, tapi mungkin kamu tidak terbiasa dengannya. Tapi jika kamu biasa mengendarai motor otomatis kamu bisa. Hal yang perlu dikembangkan dalam hidup kamu adalah habit-habit yang positif untuk mendapatkan hasil yang positif

Catherine Levison (Book Author and Presenter to parenting and educational audiences) dalam artikelnya "The Power of Habit" mengatakan Habit merupakan salah satu dari sekian banyak elemen yang dapat menentukan kesuksesan kamu. Kamu harus mampu mengidentifikasi mana yang good habit dan mana yang bad habit. Sebagai contoh, bayangkan apabila kamu lebih memilih tidur sepanjang hari tanpa melakukan apa-apa, coba analisa apa pengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada studi kamu, pekerjaan kamu, dan masa depan kamu. Jika disadari bahwa hal tersebut tidak memberi kontribusi yang positif untuk kamu dan orang lain, maka sikap perubahan ke habit yang baru harus mulai dilakukan. Mengubah kebiasaan memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Catherine mengatakan membentuk habit baru membutuhkan kurang lebih 6 minggu selama kamu benar-benar konsisten menjalankannya.

Habit adalah sesuatu yang tidak dapat kamu lihat secara fisik tapi dapat kamu rasakan dampaknya bagi kehidupan kamu. Habit dibentuk ketika kamu terus menerus mengulang suatu aktivitas sampai kamu menjadi terbiasa.Menciptakan good habit dapat memberikan perbedaan yang signifikan dalam hidup kamu, mulai dari hal yang sangat kecil seperti menjadwalkan kegiatan rutin kamu maka lama kelamaan kamu terbiasa dengan hidup yang teratur.

Banyak orang mengatakan saya sudah mencoba untuk mengubah kebiasaan buruk saya, tapi saya tidak bisa. Permasalahannya adalah bukan karena kamu sudah coba atau tidak, tapi sudah berapa kali kamu berusaha dan mencoba untuk mengubah habit itu. Segala sesuatunya harus dimulai dari tekad kamu dan komitmen yang kuat untuk mengubah habit ke arah yang positif.

Karir, studi, bisnis, kesuksesan, hubungan dengan sesama, semua hal ditentukan dari habit yang kamu kembangkan. Tinggal bagaimana kamu memilih habit yang mau dikembangkan apakah itu positif atau yang negatif. Jadi mulai ubah habit kamu ke arah yang lebih positif mulai detik ini.

“When you change your habit, you change your life”.

Jadilah kamu, jadilah diri sendiri. Kamu adalah kebiasaanmu.!



No comments: