Thursday, April 17, 2008

Tetap Cantik meski dengan kulit berminyak.

Banyak orang yang mengatakan kalau pemilik kulit berminyak wajib bersyukur karena kulit mereka akan terlihat kencang lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memiliki kulit kering. Tetapi sebagai pemilik kulit berminyak, tentunya Anda sering merasa terganggu dengan berbagai masalah yang terjadi pada kulit wajah. Riasan wajah yang cepat sekali luntur merupakan salah satu masalah yang paling sering diderita oleh pemilik kulit berminyak.


Kulit berminyak biasanya terlihat mengkilap dan memiliki pori-pori besar. Kulit yang mengkilap tersebut disebabkan oleh terlalu aktifnya kelenjar sebum yang memproduksi minyak. Tak perlu khawatir dengan keadaan ini, karena dengan perawatan yang benar dan rutin, Anda dapat lebih mensyukuri kondisi kulit Anda saat ini dan membenarkan pernyataan tersebut di atas.

Pembersih
Tahap paling penting dalam perawatan kulit wajah berminyak adalah membersihkan wajah. Pembersih yang digunakan bisa yang berbentuk sabun atau susu pembersih. Pada tahap pembersihan ini, jangan lupa untuk membersihkan juga bagian leher dan sekitar telinga. Kemudian bersihkan sisa sabun atau susu pembersih dengan menggunakan washlap yang telah dibasahi air hangat.
Setelah tahap pembersihan selesai, gunakanlah toner untuk menyegarkan wajah. Agar khasiat toner semakin terasa, cobalah simpan toner di lemari pendingin. Sesuaikan pembersih yang Anda gunakan dengan jenis kulit wajah, karena pembersih untuk kulit wajah berminyak, terutama toner, biasanya mengandung lebih banyak akohol yang berfungsi menekan produksi minyak yang berlebih.
Terkadang pembersihan hanya dengan sabun atau susu pembersih saja tidak cukup. Pemakaian scrub juga diperlukan untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori. Untuk kulit wajah berminyak, pemakaian scrub ini dianjurkan 2 - 3 kali seminggu.

Pelembab
Kulit wajah berminyak bukan berarti Anda boleh melupakan pelembab. Tetapi hati-hati dalam pemilihannya, pastikan produk pelembab yang Anda pilih memang benar-benar untuk kulit berminyak. Pelembab untuk kulit berminyak biasanya mengandung lotion yang berbahan dasar air sehingga tidak akan terlihat mengkilap di wajah Anda, berbeda dengan pelembab untuk kulit kering yang berbentuk krim dan lebih mengkilap. Salah memilih dapat menyebabkan kulit wajah Anda terlihat seperti tambang minyak.

Tabir Surya
Tabir surya juga diperlukan untuk melindungi kulit wajah dari pengaruh buruk sinar matahari. Tabir surya harus dibedakan dengan pelembab, Anda tidak boleh meninggalkan salah satunya. Tabir surya dipakai setelah pemakaian pelembab. Tunggulah sampai tabir surya benar-benar meresap ke dalam kulit, yaitu sekitar 20 - 30 menit, baru kemudian Anda boleh memakai bedak.

Bedak
Bedak yang cocok untuk kulit berminyak adalah bedak tabur. Selain berfungsi sebagai kosmetik, bedak tabur memiliki kemampuan untuk menyerap kelebihan minyak di wajah. Kulit wajah akan terlihat lebih kering jika memakai bedak tabur. Pemilik kulit berminyak tidak disarankan memakai compact powder atau bedak padat, karena akan membuat riasan wajah Anda terlihat tebal dan berat.

Salah satu andalan pemilik kulit wajah berminyak adalah kertas tissue penyerap minyak. Kertas tisu ini bisa Anda gunakan saat kulit wajah mulai terasa berminyak. Jika Anda langsung menutupi minyak di wajah dengan bedak, pori-pori akan tersumbat oleh timbunan minyak dan bedak.

MENGATASI JERAWAT
Bagaimana bila kulit wajah Anda dihias dengan jerawat? Kulit yang berminyak memang rentan didatangi jerawat, karena minyak pada wajah merupakan perekat yang baik bagi debu dan kotoran. Bila pembersihan wajah kurang sempuma, kotoran dan debu bercampur dengan bakteri sehingga menimbulkan peradangan yang disebut jerawat. Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh pengaruh homnon. Jerawat yang paling ringan adalah jerawat yang berupa komedo. Biasanya komedo yang terlihat seperti bintik hitam di kulit itu berisi lemak yang bercampur dengan kotoran, sedangkan komedo yang berwama putih hanya berisi lemak.
Cara mengatasi komedo cukup mudah. Kuncinya adalah jangan pemah membiarkan kulit wajah Anda kotor dan berminyak selama berjam jam. Bila Anda menggunakan riasan wajah, idealnya Anda harus membersihkan wajah setiap 5 - 6 jam sekali. Selain itu, penggunaan scrub juga berguna untuk membersihkan komedo yang berada di permukaan kulit.
Komedo juga bisa diatasi dengan produk perawatan wajah yang mengandung vitamin A. Fungsinya adalah untuk membuka pori-pori sehingga memudahkan komedo untuk keluar dan dibersihkan. Produk perawatan yang mengandung vitamin A ini biasanya terdapat pada krim malam.
Jerawat yang merah dan bemanah dapat diatasi dengan perawatan menggunakan obat jerawat. Ada berbagai macam bentuk obat jerawat yang bisa Anda pilih, yaitu yang berbentuk krim, lotion, gel, cair atau kompres. Untuk kulit berminyak, bentuk cair atau kompres terasa lebih nyaman di wajah karena tidak menyebabkan kulit terlihat berminyak.
Pada umumnya obat jerawat mengandung antibiotik yang mencegah peradangan. Beberapa bahan aktif yang dapat mencegah jerawat seperti sulfur, dapat Anda temui dalam bentuk sabun. Selain bersifat antiinflamasi, sulfur juga bersifat mengeringkan jerawat. Ada juga yang obat jerawat yang kini sedang populer, yaitu tea tree oil yang berasal dari ekstrak daun teh dan memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengobati jerawat. Bila langkah-langkah di atas telah Anda lakukan dengan benar, maka tampil dengan riasan wajah yang bebas minyak pun bukan lagi impian.
Source: human health



1 comment:

dinachamomile said...

thanks banget ya buat tips2nya. :)))