Saturday, June 14, 2008

Pilih teman di internet, gini nih caranya!

Coba hitung, berapa banyak teman yang kamu punya? Di sekolah, di tempat les, di sekitar rumah, di organisasi yang kamu ikuti, atau teman di dunia maya? Yup! Cari teman memang bisa dimana aja, termasuk lewat internet. Sekarang ini kan banyak banget fasilitas yang bisa kita pakai, seperti gabung di milis, atau cari teman baru lewat chatroom, friendster, hi5, dogster buat para pecinta anjing dan banyak lagi yang lainnya.


Punya banyak teman yang berasal dari tempat dan latar belakang yang beda-beda, tentunya bakal menyenangkan daripada cuma punya teman di satu sekolah yang sama. Contohnya, kalau kita chatting dan punya banyak teman dari berbagai belahan dunia lainnya, pasti banyak banget cerita seru yang bisa kita dapat waktu ngobrol sama mereka.
Mulai dari info tentang sekolah, kebiasaan, serunya tinggal di negara mereka, sampai tren mode di kalangan remaja yang lagi hip di negaranya. Seru banget kan?
Tapi, kalau pengen gabung di salah satu komunitas virtual ini, atau cari teman lewat fasilitas internet, kita mesti tahu rambu-rambunya nih.
Kenalin diri kamu dengan ngasih info yang biasa-biasa aja. Jangan yang detail banget. Kalau perlu, kasih aja nama samaran kamu. Soalnya, kita belum tahu kan, gimana sih teman yang baru kita kenal ini?
Meskipun kita senang banget difoto dan mamerin foto-foto kita, tapi buat urusan internet, jangan main-main deh sama foto. Kita udah tahu kan bahwa banyak banget tindak kriminal dengan menyalahgunakan foto seseorang? Jadi, kalau kamu belum kenal atau baru kenal teman, nggak usah ngasih foto kamu dulu deh. Tapi mungkin kamu bisa ngasih foto si Browndut, anjing gendut kesayangan kamu, waktu kamu nyeritain tentang binatang peliharaan yang kamu sayangi banget. Atau foto koleksi T-shirt favorit kamu, bla bla bla. Dengan begitu, kamu tetap bisa nyeritain banyak hal ke teman-teman kamu yang baru kan?
Nggak perlu ngebagi cerita yang detail tentang siapa diri kamu dan keluarga kamu yang sebenarnya. Tapi bagi aja cerita yang seseruan seperti berapa orang sobat yang kamu punya, apa aja kegiatan yang bisanya kamu lakukan. Gimana situasi di sekolah kamu, gimana pusingnya ngadepin sistem ujian yang tahun ini makin berat, dll. Info ini tetap seru buat dibagi kan? Soalnya, informasi detail tentang siapa diri kita, seperti alamat rumah, nomor telepon, nama ortu, dll, bisa berbahaya kalau jatuh ke tangan orang yang nggak dikenal.



No comments: