Friday, April 11, 2008

Rahasia Belanja Hemat buat yang Smart !

Sale..sale..sale!!! Kamu pasti suka mendengar magic word yang satu ini. Saking senangnya, mereka pun rela menghabiskan banyak waktu untuk berlomba-lomba mendapatkan barang yang diinginkan. Membeli tas, baju atau sepatu berkualitas yang dijual dengan harga miring? Wah..itu namanya surga dunia buat para penggila belanja.


Shopping emang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan kamu. Saat suasana hati lagi bete, terkadang shopping menjadi pelarian yang paling efektif. Asal hati senang, banyaknya uang yang terbuang nggak menjadi suatu masalah lagi. Semua pemborosan itu boleh aja dilakukan kalau kamu emang punya extra budget for shopping, tapi lain halnya kalau kebiasaan shopping selalu membuat dirimu miskin dalam sekejap! Tentunya masalah ini nggak boleh dibiarkan berlarut-larut.
Nah, sebelum shopping habit-mu semakin menyusahkan atau malah menjerumuskanmu ke dalam ‘lingkaran-setan-gali-lobang-tutup-lobang’, masih ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan kondisi keuanganmu. Dengan menjadi smart shopper seperti dibawah ini, dijamin acara belanja kamu nggak akan boros lagi.
Shopping list
Sebelum acara belanja dimulai, cobalah untuk membuat daftar barang-barang yang akan kamu beli. Dengan panduan kecil ini, dijamin kamu akan lebih fokus dan nggak perlu membeli barang di luar dari daftar yang kamu bikin. Waktu belanjamu tentunya juga lebih efisien.
Leave The Credit Card or ATM at Home.
Supaya pengeluaran lebih terkontrol, lebih baik bila kamu hanya membawa uang sesuai keperluan dan meninggalkan segala ‘fasilitas bank berjalanmu’ di rumah. Jika atm dan credit card udah nggak ada di dompet, tentunya jiwa shoppaholic-mu nggak bisa terwujud.
Big sale is a good choice for shopper? Not really!
Diskon besar-besaran belum tentu membuat kamu lebih berhemat lho! Untuk menggoda para pembeli, sebagian toko sering menggunakan cara licik dengan menggunakan tameng diskon. Sebelumnya, mereka akan menaikkan harga suatu barang dari harga normalnya lalu diberi potongan harga. Dan yang umumnya sering terjadi adalah barang tersebut sama sekali tidak mengalami perubahan harga baik sebelum atau sesudah discount. Jadi, sama sekali bukan penghematan kan?
Let’s go home!
Bila segala keperluan yang ada dalam shopping list-mu telah terbeli, akan lebih baik kalau kamu segera pulang. Menghabiskan lebih banyak waktu tanpa tujuan di pusat perbelanjaan hanya akan membuatmu lapar mata dan tergoda untuk membeli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan.


No comments: