Thursday, April 3, 2008

Laskar Pelangi siap menyusul Ayat-ayat cinta !

Bagi kamu yang penggemar berat nonton film indonesia alias pecinta pentas film nasional, setelah meledaknya film AYAT-AYAT CINTA maka akan segera menyusul film berikutnya LASKAR PELANGI. Kalau film AYAT-AYAT CINTA dibuat berdasarkan novel terlarisnya Habiburrahman EL Shirazyi sebaliknya film yang disutradarai oleh sineas Rudy Sudjarwo ini diangkat dari Novel Kondang LASKAR PELANGI yang ditulis oleh Andrea Hirata.


Naah sebelum kamu nonton film itu, ada baiknya kamu baca synopsis buku lebih dahulu, jadi nantinya kamu kalau diajak ngomong teman kamu enggak tulalit gitoo !
Mau tahu…….!
Nich sinopsisnya….

Judul buku : Laskar Pelangi
Pengarang : Andrea Hirata

Novel dengan banyak arti. Novel ini pantas dibaca oleh siapapun yang ingin mengerti arti dari hidup.
Novel yang merupakan buku pertama dari tetralogi Laskar Pelangi ini bersetting di sebuah pulau Timah di Indonesia, Belitong. Bercerita tentang kehidupan sehari - hari Ikal, sang tokoh utama yang juga merupakan sosok dari Andrea Hirata sendiri. Hidup di keluarga yang terbilang pas - pasan, tak meruntuhkan niat sang ayah untuk membuat Ikal menjadi manusia yang pernah merasakan bangku sekolah. Ikal pun disekolahkan di sebuah sekolah kampung yang jauh dari standar kelayakan pendidikan. Bahkan jumlah muridnya dalam satu angkatan Ikal hanya sepuluh orang, itupun sudah termasuk Harun yang seharusnya bersekolah di sekolah luar biasa dan bukannya sekolah biasa.
Tapi justru di sekolah ini Ikal belajar hal yang penting dalam hidupnya. Lebih penting dari sekedar membaca, berhitung atau bahkan menjadi juara. Bersama para anggota Laskar Pelangi — seniman nyentrik Mahar, si jenius Lintang, pengidap mothercomplex Trapani, si perkasa Samson, the only one girl Sahara, si jago bicara Kucai, Harun yang terus terperangkap dalam dunia anak – anak, Syahdan yang selalu di remehkan, A Kiong yang merupakan saudara dari cinta pertama Ikal — Ia menjalani hari – hari yang penuh dengan kejutan. Mengalahkan sekolah negeri milik PN Timah dalam lomba karnaval, mendebatkan seorang guru besar dalam adu cerdas cermat hingga pencarian seorang anak pejabat dari PN Timah, Flo, yang akhirnya pindah ke sekolah Ikal dan bergabung dengan anggota Laskar Pelangi. Berbagai kegilaan di lakoninya hampir setiap hari. Bahkan menyebrang lautan untuk bertemu dengan dengan Dukun terkenal yang paling digandrungi Mahar dan Flo pernah dilakukannya.
Selain itu diceritakan pula bagaimana saat Ikal akhirnya merasakan cinta pertama. A Ling, gadis Hodian anak pemilik toko kelontonglah yang berhasil merebut hati Ikal. Hari – hari saat Ikal hanya melihat mengagumi paras kukunya, hingga akhirnya pergi bersama ke komedi putar begitu mempesona. Sampai akhirnya A Ling pergi ke Jakarta. Hanya meninggalkan sebuah buku tentang keindahan bumi Edensor. Tak hanya itu. Kebahagiaan Laskar Pelangi pun berakhir. Nasib memisahkan mereka. Kemiskinan sekali lagi menjadi alasan. Hingga Ikal akhirnya memilih meninggalkan Belitong dan pergi ke pulau impian, Jawa.

Bagaimana, kamu tertarik untuk menontonnya !


No comments: