Friday, April 25, 2008

Ketika orang tua tidak mendukung hobi kamu !

Punya banyak hobi sih asyik-asyik aja, jadi banyak teman dan memperluas pergaulan. Tapi gimana jika ortu tidak mendukung hobi kita, yah alasannya sih macam-macam. Mulai kawatir sama pelajaran kitalah karena kan orang tua kan maunya pelajaran nomer satu. Takut salah pergaulanlah, takut ada apa-apa ama diri kita apalagi kalo kamu anak tunggal alias anak kesayangan. Terus gimana dong masak harus ngumpet terus dirumah ? kan enggak asyik, hari gini ngumpet terus! Kayak kutu aja !


Nah biar orang tua kamu ngedukung kamu, coba kamu simak ya tips-tips berikut dan jangan lupa dipraktekin ya !

Cari Dukungan!
Susah ngeyakinin ortu? Coba cari dukungan dari saudara, om, tante, atau siapa pun yang bisa membantu memuluskan kamu untuk tetap menjalani hobi kamu tersebut. Ka1au bisa, cari seseorang yang berhasil meraih prestasi di bidang yang kamu minati itu. Dengan dukungan mereka, kamu akan mudah untuk terus maju.

Pantang Mundur!
Kalau kamu yakin yang kamu lakukan itu baik, jalani terus dan anggap ketidaksetujuan orangtua sebagai rintangan yang akan memacu kamu untuk membuktikan bahwa pilihan kamu itu tidak salah.

Dahulukan Kewajiban
Untuk meluluhkan hati orangtua, coba dulu kerjakan segala kewajiban kamu, seperti nilai-nilai pelajaran sekolah harus baik. Selain itu, tuntaskan tugastugas di rumah. Dengan begitu, kalau orangtua enggak setuju sama hobi kamu, kamu udah punya alat untuk berargumen bahwa kamu sudah melakukan kewajiban kamu. Dengan begitu kamu bisa menuntut hak kamu dong, tapi ingat ya ngomong sama orang tua harus sopan biar tidak kualat hehehe….

Pendidikan Tetap Nomor Satu
Tunjukkan bahwa walau kamu menekuni hobi kamu, tapi nilai kamu masih bisa bagus kok di sekolah. Tunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab atas pilihan kamu. Semakin bagus lagi kalau kamu bisa tunjukin ke orangtua bahwa bisa kok meraih prestasi di bidang hobi yang kamu geluti itu.

Ajak Teman
Sesekali ajak teman kamu yang punya hobi sama untuk main ke rumah. Tunjukkan pada orangtuamu, bahwa kamu menekuni hobi yang baik dan berteman dengan orang-orang yang “benar”. Dengan begitu, kekhawatiran orangtua bisa terhapus.
Nah kalau sudah berhasil, Bantu teman kamu yang lain yang punya masalah yang sama. Dengan begitu kamu semakin banyak teman dan semakin luas pergaulannya. Oke !



1 comment:

Rico Fikal Alhafish said...
This comment has been removed by the author.