Thursday, March 13, 2008

Gagal, siapa takut !



Pada suatu titik diantara kamu pasti pernah mengalami kegagalan, kegagalan dalam suatu hal tentunya bukan suatu hal yang memalukan, tetapi justru merupakan tonggak untuk memperhatikan apa yang sekiranya cocok dan akan berjalan lancar dalam hal ini misalnya dalam bidang usaha. Oleh karena itu kita hendaknya tak segan-segan mengungkapkan kegagalan yang pernah dialami. Setidaknya jadi bahan pertimbangan bagi langkah yang mau diambil berikutnya, mudah-mudahan tidak menjadikan munculnya rasa takut dengan istilah kegagalan dalam memulai usaha, dan menjadikan cambuk untuk memulai usaha yang akan dijalankan.

Semua usaha yang terbentuk tentunya berasal dari pikiran. karena sadar-tidak sadar pikiranlah yang selama ini menuntun mengambil tindakan-tindakan tertentu. Daya pikir memberikan ide-ide. Pikiran yang pertama menentukan pilihan tindakan yang akan diambil. Dan pikiran pula yang memerintahkan anggota tubuh kita untuk mengambil tindakan tertentu.

Lihatlah sekeliling tempat tinggal. Perhatikan usaha-usaha apa saja yang cukup berkembang dalam satu tahun ke belakang. Bisa jadi akan menemukan usaha yang paling cocok untuk kita. Pada intinya, prospek usaha ditentukan bukan hanya pada jenis usahanya, tetapi juga pada bagaimana sang pengusaha mengelolanya. Hal inilah yang menjadi pokok permasalahan yang sangat ungent.

Melakukan analisis atau mengamati usaha orang lain, dan diskusikan dengan keluarga juga perlu dilakukan.

Selain itu berani mengambil langkah untuk memulai usaha sendiri harus dengan pemikiran yang matang, karena hal ini akan menentukan sukses tidaknya kita rnemulai bisnis, mengembangkannya dan membesarkannya.

Memilih salah satu jenis usaha yang benar-benar di sukai harus diperhitungkan pula. Setelah itu, mencoba untuk menguasai alur usaha tersebut, mulai dari bahan baku sampai pasca penjualan. Sebenarnya tidak perlu belajar secara teknis, Yang harus dipelajari adalah alur usaha.

Mempertimbangkan cara apa untuk memulai usaha tentunya merupakan faktor penting. ApaKah membeli bisnis yang sudah ada, menjadi partner dalam sebuah franchise, atau dengan memulai bisnis yang benar-benar baru.

Jika akan memulai usaha baru, sudah seharusnya memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

  • Produk atau layanan apakah yang akan di buat, dan itu untuk siapa?
  • Mengapa harus usaha itu?
  • Mengapa calon customer harus membeli dari kita?
  • Apa yang akan kita berikan jika ternyata produk itu belum ada?
  • Bagaimana kompetisinya?
  • Apa keuntungan yang akan kita peroleh dari kompetisi itu?
  • Apakah kita mempunyai sumbernya? Apakah kita akan mendapat order? Apakah order itu datang segera?
  • Siapa pasar kita?
  • Lantas dari rnanakah ide untuk mulai bisnis baru itu berasal?

Semoga bisa menjadi suatu motivasi bagi yang berniat untuk membuka usaha, dan harus tetap mengingat pada suatu kenyataan bahwasannya suatu kegagalan usaha, baik itu yang dialami sendiri atau orang lain jadikanlan suatu bahan kajian bukan dijadikan suatu hal atau penyebab yang mengurungkan niat untuk memulai usaha.

( Dari berbagai sumber )

No comments: